2013-05-23

Perangkat Jaringan Komputer

Assalamualaikum WR WB

Setelah tadu gw udah nulis tentang apa itu jaringan komputer. sekaranga gw mau nulis tentang perangkat apa saja yang digunakan dalam jaringan komputer itu. 

Mungkin sudah ada yang mengetahui perangkat apa saja yang digunakan dalam membangun jaringan komputer. tapi tidak ada salahnya gw ngejelasin lagi supaya yang udah tau jadi tambah tau dan yang belum tau jadi tau. 

Perangkat yang sering digunakan dalam jaringan komputer diantaranya : Server, Client, NIC, Kabel Ethernet, Konektor, Hub, Switch, Bridge, Repeater, Router, Access Point.

Server



Merupakan komputer yang bertugas untuk memberikan layanan kepada komputer client atau workstation yang ada didalam jaringan tertentu.Layanan itu berupa DHCP, DNS, Web server, Mail server, Firewall, dll. Komputer yang digunakan untuk server bukanlah komputer dekstop yang sering kita jumpai, melainkan sebuah super komputer yang mampu bekerja nonstop untuk memberikan layanan kepada clientnya. 

Client



Merupakan komputer yang menerima layanan yang diberikan dari server. Client digunakan oleh end user untuk mengolah data atau informasi yang ada. 

NIC



NIC (Network Interfaces Card) merupakan alat yang berfungsi sebagai jembatan yang menguhubungkan komputer dengan jaringan komputer. Biasanya NIC sudah terpasang didalam slot espansi baik itu slot ISA maupun slot PCI. Didalam NIC juga terdapat sebuah MAC Address yang berguna untuk memberikan nama atau identitas dari NIC tersebut.

Kabel Ethernet

Merupakan salah media transmisi untuk berkomunikasi antar pengguna jaringan komputer. Kabel ethernet memiliki beberapa jenis, yaitu Coaxial, UTP/STP, Fiber Optic. 
Coaxial
Kabel Coaxial dahulu digunakan untuk topologi bus, dan ring, seiring perkembangan jaman kabel jenis ini sudah tidak digunakan lagi.

UTP/STP
Kabel UTP/STP adalah kabel yang seakarang ini banyak digunakan dalam jaringan komputer, karena harga yang murah dan dalam mentranmisikan juga bagus maka tak heran kabel ini banyak digunakan. 

Fiber Optic
Kabel Fiber Optic merupakan Kabel yang memiliki tingkat trnasmisi data paling cepat dibanding yang lainnya, kecepatannya hingga 100+ mbps. Maka dari banyak perusahan besar menggunakan kabel ini untuk media backbone mereka dalam hal pengiriman data.

HUB


merupakan alat yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa client dengan media kabel ethernet sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI. Hub digunakan sebagai transmisi pengambilan data dari komputer client.

Switch



Merupakan alat yang digunakan untuk menghubunkan beberapa client yang memiliki kebutuhan bandwith yang besar. Switch memberikan unjuk kerja yang lebih baik dari pada HUB. Switch akan memberikan koneksi yang merata kepada clientnya. Misalkan Switch mendapat bandwith 10mbps dari server, maka setiap client yang terhubung ke switch akan mendapatkan 10mbps/client. Switch bekerja pada layer 2 dan layer 3 dalam protokol model OSI.

Bridge



Merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan 2 jaringan yang berbeda. Bridge bekerja pada layer data-link dalam model OSI. Bridge dalam cara kerja akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke jembatan tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP).
Repeater


merupakan sebuah perangkat elektronik yang menerima isyarat dan mentransmisikan kembali isyarat tersebut dengan daya yang lebih tinggi, sehingga isyarat tersebut dapat menjangkau area yang lebih luas.

Router



Merupakan alat yang mengirimkan paket data melalu sebuah jaringan atau internet dengan menggunakan proses Routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN), sedangkan router merupakan penghubung antar Jaringan. Secara umum router memiliki beberapa jenis routing, yaitu Routing Static dan Routing Dinamic. Cara kerja router mirip dengan bridge, yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI, dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan data link), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni Mac address. #pembahasan router akan dibahas secara mendalam dalam tulisan selanjutnya.

Access Point



Merupakan sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
Sekian tulisan gw tentang perangkan yang digunakan dalam jaringan komputer. Semoga bermanfaat :D

Wassalamualaikum WR WB

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.